Seputar Tentang Impor Yang Jarang Diketahui

Seputar Tentang Impor Yang Jarang Diketahui

jasaimportmurah.com – Impor adalah barang atau jasa yang dibeli di satu negara yang diproduksi di negara lain. Impor dan ekspor adalah komponen perdagangan internasional. Jika nilai impor suatu negara melebihi nilai ekspornya, maka negara tersebut memiliki neraca perdagangan negatif yang disebut juga defisit perdagangan.

Dasar-dasar Impor
Negara-negara kemungkinan besar mengimpor barang atau jasa yang tidak dapat diproduksi oleh industri dalam negeri mereka seefisien atau semurah negara pengekspor. Negara juga dapat mengimpor bahan mentah atau komoditas yang tidak tersedia di dalam perbatasannya. Misalnya, banyak negara mengimpor minyak karena tidak dapat memproduksinya di dalam negeri atau tidak dapat memproduksi cukup untuk memenuhi permintaan. Perjanjian perdagangan bebas dan jadwal tarif sering kali menentukan barang dan bahan mana yang lebih murah untuk diimpor. Dengan globalisasi dan meningkatnya prevalensi perjanjian perdagangan bebas antara Amerika Serikat, negara lain dan blok perdagangan, impor barang dan jasa AS meningkat dari $ 580,14 miliar pada tahun 1989 menjadi $ 3,1 triliun pada 2019.

Perjanjian perdagangan bebas dan ketergantungan pada impor dari negara-negara dengan tenaga kerja yang lebih murah seringkali tampak bertanggung jawab atas sebagian besar penurunan pekerjaan manufaktur di negara pengimpor. Perdagangan bebas membuka kemampuan untuk mengimpor barang dan bahan dari zona produksi yang lebih murah dan mengurangi ketergantungan pada barang dalam negeri. Dampak terhadap pekerjaan manufaktur terbukti antara tahun 2000 dan 2007, dan itu semakin diperburuk oleh Resesi Hebat dan pemulihan yang lambat sesudahnya.

Ketidaksepakatan Tentang Impor
Ekonom dan analis kebijakan tidak setuju tentang dampak positif dan negatif dari impor. Beberapa kritikus berpendapat bahwa ketergantungan terus pada impor berarti berkurangnya permintaan untuk produk yang diproduksi di dalam negeri, dan dengan demikian dapat membuat kewirausahaan pincang dan pengembangan usaha bisnis. Para pendukung mengatakan impor meningkatkan kualitas hidup dengan memberi konsumen pilihan yang lebih banyak dan barang yang lebih murah; ketersediaan barang-barang yang lebih murah ini juga membantu mencegah inflasi yang merajalela.

Contoh Nyata Impor
Mitra dagang utama Amerika Serikat, pada November 2020, termasuk Cina, Kanada, Meksiko, Jepang, dan Jerman.3 Dua dari negara ini terlibat dalam Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA) yang diterapkan pada tahun 1994 dan, pada saat itu, menciptakan salah satu zona perdagangan bebas terbesar di dunia. Dengan sedikit pengecualian, hal ini memungkinkan pergerakan barang dan material secara bebas antara Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko.

Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya !

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *